Temukan kami di Youtube. Subcribe

Daftar Pertanyaan Terkait Dunia Perkuliahan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar dunia perkuliahan yang sering kali ditanyakan oleh sebagian orang

Daftar Pertanyaan

*Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Dunia Perkuliahan.

  • Mengacu pada U No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, S1 dan Diploma empat (D4) sama sama jenjang sarjana, namun D4 dikenal sebagai sarjana terapan. Masa perkuliahan dan beban studi S1 dan D4 relatif sama yaitu, sekitar 4 tahun dan 144 SKS.
  • Yang paling berbeda adalah komposisi perkuliahannya. Program S1 menitikberatkan pada teori. Perbandingannya 60 persen teori dan 40 persen praktik. Sebaliknya, D4 lebih fokus pada praktik dengan perbandingan 40 persen teori dan 60 persen praktik.
  • Seperti yang kita ketahui, biasanya lulusan S1 bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 dan S3. Bagaimana dengan D4? Apakah bisa langsung melanjutkan pendidikan ke S2 bahkan S3? Jawabannya bisa! Karena D4 sudah setara dengan S1, kamu tidak perlu lagi melanjutkan pendidikan ekstensi terlebih dahulu seperti D3. Lulusan Sarjana Terapan dapat langsung melanjutkan jenjang pendidikan di magister terapan dan doktor terapan.
  • Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi. Jika telah memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

    Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

    Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

    Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

    Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu. Akademi lebih sempit dari pada sekolah tinggi ataupun politeknik, karena hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang keilmuan.

    Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal.

  • PSDKU merupakan program studi yang diselenggarakan di luar kampus utama atau di daerah lain. Sederhananya, PTN membuka kampus atau prodi tertentu di luar kota asalnya. Misalnya, Universitas Jember yang berlokasi di Kabupaten Jember membuka PSDKU di Kota Pasuruan.